Tari Saman adalah tarian tradisional suku Gayo yang dimainkan untuk memperingati hari besar nasional dan keagamaan, memperkukuh hubungan antar kelompok desa yang saling memanggil untuk tampil. Lirik lagu yang digunakan dalam tari Saman berasal dari Bahasa Gayo.

DANCE AND ITS USES FOR US. WHAT IS THAT?

Tari Saman atau yang lebih dikenal dengan tarian seribu tangan merupakan salah satu warisan budaya bangsa Indonesia yang secara turun temurun menjadi kebanggaan masyarakat Gayo.

CARA DOWNLOAD VIDEO INSTAGRAM TANPA APLIKASI PIHAK KETIGA

Tari Saman Gayo ini telah diakui dan dikukuhkan oleh United Nations Educational and Cultural Organization (UNESCO) sebagai warisan budaya dunia tak benda pada 24 November 2011 di Bali. Berikut fakta-fakta tentang tari Saman yang bisa Anda ketahui mempelajari.

POKER PERMAINAN KHUSUS ORANG TUA YANG LAMA SEKALI

Keunikan Tari Saman

Hanya bisa dimainkan oleh penari pria

GAME SLOT YANG SAAT INI SEDANG VIRAL DIMANA-MANA

Berbeda dengan beberapa tarian lainnya, Saman hanya boleh ditarikan oleh pria muda. Ini sudah diwariskan dari nenek moyang Indonesia. Penari akan bernyanyi, bertepuk tangan, dada dan paha dengan irama tertentu, serta menggerakan tubuh ke segala arah. Dibutuhkan kefokusan dan stamina yang tinggi untuk memainkan tarian ini.

Namun dalam perkembangannya, tari saman juga dimainkan oleh wanita. Pendapat lain mengatakan tarian ini dimainkan kurang dari 10 orang, dengan rincian 8 penari dan 2 orang sebagai pemimpin untuk memberi aba-aba sambil bernyanyi.

Butuh konsentrasi tinggi untuk para penari

Tarian ini diarahkan oleh seorang pemimpin yang disebut syekh. Karena kesamaan formasi dan akurasi waktu merupakan kewajiban dalam menampilkan tarian ini, maka para penari harus mempunyai konsentrasi yang tinggi. Mereka harus berlatih dengan serius dan konsisten supaya bisa memberikan tampilan yang sempurna.

Membutuhkan kekompakan

Konon tari saman pertama dimainkan oleh laki-laki karena tarian ini ‘kasar’ artinya disini sangat jarang ditemukan gerakan yang membutuhkan gerakan anggun karena diperlukan gerakan tepuk tangan dan ketelitian. Tari Saman merupakan tarian yang membutuhkan kekompakan dan kepercayaan yang luar biasa dari setiap penari dan pemusik.

Kostum unik

Kostum yang digunakan penari saman berupa baju melayu, celana panjang, kaos kaki, topi, ikat pinggang, songket dan tudung. Kemudian tudung itu relatif karena sebagian penarinya ada yang menggunakan tudung dan ada juga yang rambutnya di cepol atau dikonde ke atas.

Masing-masing memakai kostum berwarna hitam yang disulam dengan motif Gayo warna-warni yang merepresentasikan alam dan nilai-nilai luhur. Dan untuk make up pada tari saman relatif tergantung dari tim masing-masing.

Itu tidak membutuhkan alat musik apa pun

Biasanya tari saman tidak membutuhkan iringan alat musik. Suara para penari dan tepuk tangan menjadi iringin dari tampilan tari ini. Hal ini kemudian dikombinasikan dengan tepukan dada dan paha sebagai penyeimbang dan menggerakkan tubuh ke arah yang berbeda.

Tari Saman memiliki banyak potensi dalam pengembangan pariwisata di Kabupaten Gayo Lues jika pemerintah memberikan perhatian penuh terhadap seni tari saman, karena tari saman ini merupakan jenis kesenian yang menarik dan unik yang banyak digemari oleh masyarakat.

Sebagai warga negara Indonesia kita perlu bangga memiliki peninggalan warisan budaya leluhur yang sudah diakui oleh UNESCO, karenanya kita harus terus melestarikan tarian saman supaya tidak tergerus oleh berkembanga zaman yang semakin membuat generasi milennial lupa aka nasal usulnya.

Frekuensi pertunjukan saman dan transmisinya menurun. Banyak pemimpin dengan pengetahuan tentang tari saman sekarang sudah lanjut usia dan tanpa penerus. Jangan sampai tradisi-tradisi Indonesia yang unik ini pudar begitu saja.